Khasiat Tanaman Kembang Kertas

Khasiat Tanaman Kembang Kertas
Kembang kertas (Zinnian elegans)
Ternyata tidak semua orang mengetahui kegunaan dan manfaat tanaman kembang kertas. Di artikel ini saya akan mengajak anda untuk menyimak lebih lengkap khasiat tanaman ini dalam upaya mengobati berbagai macam penyakit atau dalam proses penyembuhan. Kembang kertas (Zinnian elegans) merupakan tumbuhan asal Meksiko, dapat ditemukan sampai ketinggian 1400 m diatas permukaan laut. Tumbuhan ini umumnya menyukai tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari, seringkali di tanam bergerombol di taman-taman atau juga dipekarangan rumah sebagai tanaman hias dan bunganya biasa dipakai sebagai bunga potong. Ciri-ciri tanaman ini adalah  terna menahun, tumbuh tegak dan berambut kasar, tinggi sekitar 30-50 cm. Daun tunggal letaknya berhadapan, bentuknya memanjang, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, tulang daun melengkung, berwarna hijau. Bentuk bunganya seperti bunga aster dengan warna yang beraneka ragam seperti merah tua, merah muda, kuning atau biru keunguan, yang keluar dari ujung batangnya. Cara pengembangbiakkan dengan biji.
Familia : Asteraceae (compositae)

Nama daerah : Kembang Kertas, Kembang ratna.

Nama asing : Bai ri zhik, Zinnia.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis :
Tawar, sejuk, Berkhasiat sebagai antiradang (antiinflasi), peluruh kencing (diuretik)

Bagian yang di gunakan : Seluruh tumbuhan.

Khasiat untuk menyembuhkan penyakit :
  • Disentri
  • Panas dalam.
  • Kencing nanah (gonorrhea).
  • Batuk rejan (pertussis).
  • Sakit pada puting susu (papilla mammae).
  • Bisul (furunculus).
  • Dan lain-lain.
Dosis pemakaian :
Pemakaian luar : Daun secukupnya ditumbuk halus, lalu dibubuhkan ke bagian yang sakit. 
Pemakaian dalam : 10-30 gram direbus kemudian airnya diminum.

Pemakaian luar :
Bisul (furunculus), sakit pada puting susu: daun kembang kertas secukupnya di dicuci terlebih dulu lalu ditumbuk kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit secara merata.
Payudara bengkak: herba kembang kertas digiling, tambahkan jus lidah buaya (Aloevera) lalu tempelkan  pada bagian yang sakit.

Pemakaian dalam :
Batuk rejan (pertussis) :  Campurkan 40 gram herba kembang kertas kering atau 70 gram kembang kertas yang segar dengan 400 cc air dengan api besar hingga mendidih, lalu api dikecilkan dan direbus kembali selama 10 menit, kemudian disaring , tambahkan gula batu dan diminum hangat-hangat. lakukan 1-2 kali sehari.
Disentri karena panas dalam: 30 gram herba kembang kertas, 30 gram patikan kebo (Euphorbia hirta), gula secukupnya, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat.
Gangguan buang air kecil: 30 gram herba kembang kertas, 30 gram daun sendok (Plantago mayor), direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Demikian sekilas tentang khasiat tanaman kembang kertas, semoga bisa menambah wawasan anda dalam mengenal  manfaat tanaman kembang kertas, walaupun agak sedikit sulit untuk menemukannya.